Ini dia 8 Penyebab Kucing Muntah Kuning (update)

Encrypting your link Here.


Ini dia Penyebab Kucing Muntah Kuning (update) - Melihat hewan kesayangan kita jatuh sakit rasanya membuat hati kita tidak tenang, yap bagaimana mau tenang jika kucing kesayangan kita yang setiap hari lari-lari lincah dan manja, tiba-tiba muntah kuning.

Nah berikut ini saya akan membagikan penyebab utama kenapa kucing muntah kuning, simak baik-baik agar kucing kaian sehat semua di rumah.

Ada salah satu hal yang perlu diketahui pada saat memelihara kucing adalah penyebab kucing muntah kuning. Ya, ada beberapa kasus yang sering terjadi pada kucing yang menyebabkan kucing memuntahkan cairan berwarna kuning.

Tentu saja ini adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena bisa saja menjadi salah satu sebab kucing terkena penyakit.

Di bawah ini akan dijelaskan penyebab kucing muntah cairan kuning dan bagaimana cara mengatasinya.

Memperhatikan kesehatan kucing sendiri memang sangat perlu untuk Anda lakukan, terlebih lagi kucing biasanya hanya akan diam jika memang merasa badannya tidak beres.

Banyak sekali macam penyakit yang membuat kucing muntah dan juga lemas. Di mana hal ini sendiri harus diwaspadai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bagi kucing kesayangan Anda.  Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah jika kucing muntah kuning.

Penyebab ini sendiri bisa jadi kucing mengalami sakit yang cukup berbahaya atau hanya faktor dari perubahan hormon. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari kucing yang muntah dan harus diperhatikan dengan seksama, berikut adalah penyebabnya :

1. Empedu normal

Masalah paling sering terjadi kenapa muntah kucing berwarna kuning ialah karena masalah di perut, sebenarnya makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing sangat normal jika di olah oleh perut, empedu dan usus sehingga berwarna kuning.

Empedu akan mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kuning ke dalam makanan untuk menghancurkan lemak yang tidak diperlukan tubuh. Hal itu alasan kenapa kotoran kucing normal berwarna kuning.

Tetapi jika kucing memuntahkan makanan yang berwarna kuning, ini bisa jadi ada yang mendorong makanan yang ada di tubuh kucing sehingga keluar dari mulutnya. Ini bisa jadi karena bulu, racun atau benda yang tidak bisa diterima oleh kucing.

2. Keracunan

Nah, penyebab kucing muntah kuning yang selanjutnya dan paling sering terjadi adalah karena keracunan. Keracunan ini sendiri dapat disebabkan melalui makanan, udara, atau faktor lingkungan lainnya.

Keracunan makanan pada kucing sendiri dapat terjadi jika memang kucing makan dengan sembarangan karena merasa tidak ada makanan yang disediakan untuk mereka.

Gejala keracunan sendiri dimulai dari kucing mendadak lemas dan terus memuntahkan cairan yang berwarna kuning, terkadang jika memang keracunan sebuah zat berbahaya akan membuat kucing menjadi kejang dan tidak dapat bernafas. Maka dari itu, sebaiknya sebagai pemilik dapat berhati-hati.

3. Kemasukan Benda Asing

Penyebab selanjutnya mengapa kucing dapat muntah warna kuning adalah kemasukan benda asing. Kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang memang mempunyai rasa penasaran yang tinggi dan makan sesuatu benda yang bukan seharusnya.

Pada saat kucing makan benda asing maka secara otomotasi kucing akan memuntahkannya. Apabila kucing dapat mengeluarkan langsung benda tersebut melalui muntahan maka kucing berarti baik-baik saja, akan tetapi jika kucing muntah terus dan sama sekali tidak mengeluarkan benda yang masuk ke dalam perut mereka, maka sangat disarankan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Muntah Bulu

Muntah bulu atau hairball pada kucing merupakan salah satu hal yang wajar. Hal ini sendiri dikarenakan kucing selalu menjilati tubuh mereka dan secara otomatis bulu yang rontok atau terlepas akan masuk ke dalam sistem pencernaan mereka.

Pada saat ruang makan pada perut mereka berkurang karena bulu yang tertelan ini, makan secara otomatis makanan tersebut akan dikeluarkan melalui muntah bersamaan dengan bulu yang masuk ke pencernaan kucing.

Biasanya kucing akan memakan rumput atau tanaman hijau lainnya untuk dapat membantu tubuh mereka memuntahkan hairballs ini.

Muntah bulu pada kucing ini sendiri akan terjadi dalam beberapa waktu sekali di mana Anda dapat mengatasinya dengan selalu melihat tingkah kucing.

Apabila kucing selalu mendekati rumput untuk dimakan, lebih baik biarkan. Karena hal ini adalah insting mereka agar dapat mengeluarkan bulu yang masuk ke dalam tubuh mereka.

5. Virus Panleukopenia

Virus Panleukopenia sendiri merupakan salah satu virus yang disebabkan oleh infeksi feline parvovirus yang dapat menyebabkan peradangan pada organ pencernaan, di mana tanda utamanya adalah kucing muntah kuning.

Virus ini sendiri sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal apabila kucing tidak ditangani dengan cepat. Virus Penleu ini sendiri biasanya menyerang kucing pada saat kekebalan tubuh kucing menurun atau tertular dari kucing lain yang terinfeksi virus ini sendiri.

Ya, virus penlue sendiri dapat menular dengan cepat ke kucing yang masih sehat, maka Anda perlu berhati-hati jika kucing memuntahkan cairan berwarna kuning dan diselingi kehilangan nafsu makan hingga lemas. Cepat membawa ke dokter adalah salah satu solusi yang sangat tepat agar dapat menyelamatkan kucing dari virus ganas ini.

6. Makanan

Penyebab dari kucing memuntahkan cairan warna kuning ini sendiri adalah karena makanan. Walaupun makan adalah hal yang wajib untuk diberikan, namun Anda juga harus memperhatikan takaran dan juga kandungan dari makanan kucing tersebut.

Melihat kucing yang banyak atau lahap memakan pakan mereka memang menjadi salah satu kepuasaan tersendiri, akan tetapi jika kebanyakan memberi makan akan membuat kucing dapat memuntahkan cairan kuning yang tentu saja ini bukan merupakan hal yang baik.

Jadi, sebagai pemilik Anda harus dapat memperhatikan takaran untuk pemberian pakan kucing agar kucing dapat memiliki tubuh dan penceranaan yang sehat.

Selalu memperhatikan kualiatas makanan yang diberikan dapat menjad salah satu cara mencegah kucing muntah.

Jangan pernah memberikan kucing makanan yang sudah masuk tanggal kadaluarsa karena dapat menyebabkan kucing akan keracunan.

7. Penyakit

Muntah pada kucing sendiri dapat dikatakan selalu berhubungan dengan kondisi kucing yang memang sedang sakit. Jika kucing memuntahkan lendir dan kuning biasanya kucing sedang mengalami masalah pada bagian pencernaan yaitu radang usus.

Apabila kucing muntah darah yang berwarna kecoklatan biasanya kucing mengalami masalah pada usus, akan tetapi jika kucing memuntahkan darah segar dapat dipastikan kucing mengalami pendarahan karena ada luka pada bagian pencernaan atau usus.

Muntah cairan kuning pada kucing sendiri juga dapat menandakan kucing sedang mengalami masalah pada organ hati.

Selain itu kucing juga dapat muntah cairan empedu yang disebabkan oleh radang pada pankreas. Pada saat kucing mengalami peradangan pankreas maka kucing akan memuntahkan cairan berwarna hijau tua.

8. Mual Pasca Operasi

Kucing yang mendapatkan tindakan operasi pasti selalu akan dibius secara total atau sebagian. Pada saat kucing sudah setengah sadar sendiri tentu saja akan membuat kucing merasakan mual dan juga muntah. Hal ini sendiri merupakan kejadian yang biasa jika memang kucing habis menjalankan sebuah tindakan operasi.

Belum ada Komentar untuk "Ini dia 8 Penyebab Kucing Muntah Kuning (update)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel